Pages

Kamis, 18 Oktober 2012

Tips Belajar Efektif

1. Belajarlah di waktu yang tepat
Pilihlah waktu yang tepat sebelum belajar. Jangan belajar ketika badan tidak fit, karena akan sangat mempengaruhi konsentrasi kamu. Belajar 2 jam dengan belajar 15 menit adalah sama. Yang diukur bukan waktu belajar nya, tapi bagaimana bahan ujian yang kamu baca dapat kamu pahami secara jelas. Belajar lah pada waktu yang paling nyaman bagi mu, tentunya kamu sudah memiliki pengalaman, kapan waktu yang tepat untuk belajar.ya toh?

2. Bentuk kelompok belajar

Buatlah sebuah kelompok belajar yang serius ingin belajar, sehingga apabila ada pelajaran yang tidak kamu mengerti kamu dapat menanyakan itu kepada temanmu, dan sebaliknya juga. Semakin kamu dapat menjelaskan dengan baik pelajaran itu kepada temanmu, maka kamu akan semakin mengerti dan paham. Namun harus digaris-bawahi, kelompok ini dibuat untuk belajar yah, bukan untuk yg lain, biar suasana menjadi tetap fokus.

3. Persingkat catatan pelajaran

Jangan menghapal bulat-bulat catatan yang kamu miliki, karena itu hanya ingatan jangka pendek. Setelah ujian, 70% kamu lupa dengan apa yg telah dibaca. Untuk itu gunakan lah metode-metode untuk mempermudah dalam mengingat sesuatu. Salah satunya adalah teknik mind map.
4. Pilih tempat belajar yang tenang

Jangan belajar di dalam pasar, mall, warnet, dll. hehehe.. Belajar lah di tempat yang benar-benar nyaman dan tenang. Matikan radio, televisi, dan handphone kamu. Agar tidak ada hambatan sewaktu belajar.

5. Istirahat yang cukup

Jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Gue sarankan jangan pake sistem SKS (Walapun gw sering melakukannya). Sistem Kebut Semalam, yah, besok mau ujian, hari ini baru mulai belajar. Gpp sih, tapi efeknya terasa ketika kamu sedang ujian. Badan dan pikiran kamu tidak akan maksimal, karena sudah dipress semalam sebelum ujian. Jadi, belajar lah minimal dua minggu sebelum ujian.

6. Makan-makanan yang bergizi

Makan lah makanan yang banyak mengandung protein, dan jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Efeknya kamu akan sering mengantuksss....Jangan lupa memakan banyak sayuran dan buah-buahan dan satu lain banyak lah minum air putih.

7. Mana janji manismu?

Nah kalau sudah berjanji untuk belajar, kamu harus berkomitmen. Jangan terpengaruh ajakan teman untuk hangout. Jangan membohongi diri sendiri, berkomitmenlah.

8. Perbanyak latihan

Untuk soal-soal yang memerlukan hitungan seperti matematika, fisika, kimia, anda harus memperbanyak latihan dengan model soal yang berbeda-beda, karena disitu kunci nya apakah anda paham atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar